DEFINISI IDEOLOGI

Apa sih yang dimaksud dengan ideologi? Definisinya yang benar yang seperti apa? Demikian pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul ketika kita ingin mengetahui tentang sesuatu (khusunya tentang ideologi). Cukup membingungkan bukan? Bagaimana tidak.. untuk sebuah ide saja bisa mempunyai banyak sekali definisi, sebanyak manusia yang mendefinisikannya, beda orang bisa saja berbeda pula definisinya, padahal idenya sama. 


Definisi itu penting, menurut Ibnu Sina "Tanpa definisi kita tidak akan pernah bisa sampai pada konsep."

Next ---

Definisi yang benar adalah apabila definisi itu menyeluruh meliputi seluruh aspek yang dideskripsikan, dan meproteksi sifat-sifat di luar substansi yang dideskripsikan. Demikian gambaran tentang definisi yang benar. 

Next --- on definisi ideologi

Ideologi adalah suatu keyakinan dasar yang bersifat rasional yang mampu melahirkan sistem atau  seperangkat aturan hidup..
 
Suatu keyakinan dasar maksudnya suatu ide dasar (akidah) yang diyakini. Kalau yakin itu katanya harus diucapkan dengan lisan dan dibuktikan dengan perbuatan. OK :D 

Keyakinan dasar tersebut bersumber dari pemikiran yang menyeluruh tentang kehidupan dunia, kehidupan sebelum dunia, kehidupan setelah dunia dan bagaimana hubungan antara kehidupan dunia dengan kehidupan setelah sesudah dunia.

Untuk mendapatkan keyakinan tersebut kita harus memecahkan permasalahan  mendasar tadi,  yaitu tentang kehidupan dunia, kehidupan sebelum dunia, kehidupan setelah dunia dan bagaimana hubungan antara kehidupan dunia dengan kehidupan sesudah dunia.

Untuk memecahkan permasalahan tersebut manusia harus menjawab tiga pertanyaan besar, yaitu :
  1. Dari manakah manusia dan kehidupan ini?
  2. Untuk apa manusia dan kehidupan ini ada?
  3. Akan kemana manusia dan kehidupan setelah ini?
Dengan berbagai upaya, manusia mencoba mencari jawaban terhadap tiga hal tersebut. Berbagai upaya pun telah dilakukan dengan segala kemampuan dan melalui segala hal yang dapat dijangkau akalnya.


- - - -- - -- - -- - -- -
Keterangan : "Yang mampu dijangkau oleh akal meliputi tiga perkara, yaitu alam semesta, manusia dan kehidupan."
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Terlepas dari mana yang benar dan mana yang salah maka  jawaban untuk memecahkan pertanyaan besar tersebut adalah; Pertama, ada yang menjawab bahwa manusia dan kehidupan ini berasal dari materi, setelah mati maka akan kembali lagi menjadi materi, hidup  di dunia hanya untuk berbahagia dan senang-senang saja. Mereka yang berkeyakinan begini tidak mempercayai eksistensi Sang Pencipta. Kedua, bahwa manusia dan kehidupan ada atau eksis karena ada yang menciptakannya, dan setelah kehidupan ini manusia akan kembali lagi kepada Sang Penciptanya. Tujuan manusia hidup adalah untuk bekal menghadap kepada Sang Penciptanya kelak.

Next - - - 

Bersifat rasional artinya keyakinan dasar yang dimaksud dapat diterima oleh akal dan pikiran serta dapat ditalar sesuai dengan kemampuan otak. Hal-hal yang rasional adalah suatu hal yang di dalam prosesnya dapat dimengerti sesuai dengan kenyataan dan realitas yang ada.

Mampu melahirkan sistem atau seperangkat aturan hidup maksudnya keyakinan dasar yang bersifat rasional tersebut mampu melahirkan sistem, suatu tatanan kehidupan dan seperangkat aturan hidup. Dengan demikian ideologi harus mempunyai dua hal:
  1. Fikroh (ide), yaitu akidah dan konsep pemecahan berbagai problem yang dihadapi manusia.  
  2. Thoriqoh (metode), yaitu tata cara untuk menyebarkan dan menerapkan ideologi.
Kesimpulannya, suatu ideologi bukan hanya bersifat ide-ide teoritis tanpa adanya realitas pelaksanaannya (seperti filsafat, peny.). ideologi mesti memiliki metode operasional yang jelas untuk menerapkannya di dalam masyarakat. (Islam mulai akar hingga daunnya, Hal. 128).

Dengan demikian yang dimaksud ideologi adalah suatu keyakinan dasar yang bersifat rasional yang mampu melahirkan sistem atau  seperangkat aturan hidup.
          
Wallahu a’alam bswb..

Sumber gambar klik di sini


 -------   ------   -----  -----  -----  ----- --  --- --- ----  ----  -- --- --  -- -  -- -- - - - - -- -- - -- - -- - - -- - -
catatan: Hak cipta hanya milik Allah Yang Maha Pencipa. 

0 komentar: